You are here
Nasional 

Hari Hutan Internasional : Presiden di Kepulauan Seribu

news_161_1460618784

JAKARTA (LN)- Hari Hutan Internasional (HHI) atau International Day of Forest ditetapkan pada tanggal 21 Maret oleh Perseringkatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui resolusi 67/200 tahun 2012 yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran publik tentang pentingnya keberadan semua jenis hutan dan pohon di luar hutan.

Melalui HHI ini diharapkan negara-negara anggota PBB mempromosikan peran penting hutan dan pohon. Tema HHI tahun 2016 adalah “membangun hutan dan lingkungan untuk ketersediaan udara dan air bersih” atau “Forests and Water, Sustain Life and Livelihoods.”

Indonesia sebagai negara yang memiliki luasan hutan tropis nomor tiga terbesar di dunia setelah Brazil dan Kongo tentunya keberadaan hutan Indonesia tidak saja berpengaruh terhadap lingkungan hidup Indonesia namun juga berpengaruh terhadap lingkungan hidup global.

Oleh karenanya melalui HHI ini harus direfleksikan pengelolaan hutan yang arief, berwawasan lingkungan , seimbang antara konservasi dan ekonomi mendukung termasuk kemandirian energi dan kedaulatan pangan karena hutan Indonesia memiliki peran strategis sebagi sistem penopang kehidupan (Life Support System).

Dalam rangka Hari Hutan Internasional, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Pulai Karya, Kepulauan Seribu, Jakarta pada Kamis (14/4/2016) pagi dengan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU dari Pangkalan TNI AU Atang Sendjaja Bogor. Kedatangan Presiden Jokowi ini untuk menghadiri “Pencanangan Gerakan Nasional Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa Liar.” Rencananya, Jokowi yang didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya akan melepaskan sejumlah satwa endemik seperti elang bondol serta tukik penyu di perairan tersebut.

Berdasarkan keterangan Tim Komunikasi Presiden, Presiden Jokowi akan memberikan pengarahan dan mencanangkan Gerakan Nasional Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa Liar dalam acara tersebut.

Selain itu, Presiden akan menandatangani Prasasti sebagai tanda peresmian Pusat Suaka Penyu Pulau Pramuka dan Puasa Suaka Elang Bondol Pulau Kotok Besar, dilanjutkan menyaksikan kegiatan Pelepasan Tukik Penyu Sisik.

 

 

 

 

 

 

 

Related posts

Leave a Comment